Review Airsoft Gun FN 1911

Kalau anda hobi nonton film perang, pasti anda tahu film Saving Private Ryan yang berlatar waktu pada perang dunia dua. Kalau anda teliti memperhatikan setiap adegannya, pasti anda ingat adegan pada saat Sersan Horvath menodongkan “pistol FN 1911” kaliber 45 nya kearah Prajurit Reiben karena tidak patuh pada perintah Kaptennya. Dibawah ini gambar adegannya


Yang saya tekankan pada adegan tersebut adalah pistol FN 1911. Ya, pistol ini merupakan sidearm/senjata sampingan pasukan Amerika Serikat sejak jaman perang dunia satu dan dua, perang vietnam sampai perang teluk (1911 sampai 1985). Pistol ini merupakan salah satu karya masterpiece dari Pa’deh John M. Browning, Pa’deh dari Amrik ini mendapat julukan “The Father of Automatic Fire” karena dia dari awal banyak mengembangkan senjata otomatis mulai dari senjata genggam sampai senjata serbu. Contoh senjata serbunya adalah BAR (Browning Assault/Action Rifle) yang merupakan cikal bakal Senapan M16 atau M4A1. Ini foto Pa’deh Browning


FN 1911 merupakan pistol semi otomatis yang menggunakan prinsip kerja blowback. Prinsip blowback adalah… haha saya tidak mau menjelaskannya panjang lebar disini karena cukup rumit, silahkan anda googling.

Di dalam dunia airsoftgun, pistol ini juga menjadi andalan, salah satu serinya adalah KWC FN 1911 6 mm. Seri FN 1911 ini merupakan buatan Pabrik KWC asal negara Taiwan, dengan peluru bb gotri berkaliber 6mm, serta mampu menampung 15 peluru. Airsoftgun FN 1911 menggunakan sistem blowback CO2 semi otomatis dan mampu melontarkan peluru dengan kecepatan 400-450 FPS (Feet Per Second), dengan kecepatan ini jarak akurasi bisa mencapai 15 meter. Untuk letak tabung CO2 terdapat pada tempat magazine. Ini foto bedil airsoftgun FN 1911 sama pelornye, hehe..



Pada gambar diatas, bisa kita liat ada suatu rongga pada magazinenya, itu berfungsi sebagai tempat tabung CO2 nya.

Setelah saya melihat jenis pistol airsoftgun ini,  saya bisa menarik kesimpulan bahwa perbandingan senjata asli dengan airsoftgun yang 1:1 tidak hanya terlihat dari bentuknya tapi juga sistem tembaknya. Salah satu contohnya adalah pada FN 1911 baik yang senpi asli maupun yang airsoftgun sama-sama memakai sistem blowback, yang membedakan senpi asli memanfaatkan energi hasil ledakan mesiu sedangkan airsoftgun menggunakan energi hasil kompresi suatu gas dalam hal ini CO2 untuk menjalankan sistem blowbacknya.
Wah, ternyata rumit juga ya sistem blowback itu, hehe.. tetapi yang penting kita tidak usah pusing memikirkan blowback, yang kita pikirkan adalah bagaimana kita bisa handal dalam menekuni hobi bidang airsofgun ini.

Artikel sebelumnya -> tips memlih airsoft gun anda
SentralAirsoft Gun , Updated at: 02.30

0 komentar:

Posting Komentar