Syarat Menjadi Anggota Eagle Shooting Club Perbakin Termudah


Eagle Shooting Club bisa didapatkan di penyedia layanan pembuatan KTA terkait. Biasanya, persyaratan yang harus dipenuhi anggota baru adalah foto copy KTP, pas foto berwarna dan jenis replika serta nomor seri airsoftgun. Proses pembuatan KTA Eagle Shooting Club hanya berlangsung 1-2 hari dengan masa berlaku satu tahun. Pemohon KTA akan dikenai biaya kurang lebih Rp850.000 yang dapat dibayarkan melalui transfer bank. Setelah mendapatkan KTA Eagle Shooting Club, pengguna bisa memakainya untuk membeli koleksi senjata, bermain war game dengan komunitas dan mengikuti kejuaraan tertentu.

Organisasi Olahraga Menembak Perbakin

Perbakin merupakan singkatan dari Persatuan Penembak Indonesia. Organisasi olahraga menembak ini selain berfungsi sebagai wadah bagi para pecinta tantangan, juga merupakan pengontrol peredaran senjata api di Indonesia. Sehingga, tidak sembarang orang bisa memiliki senjata api tanpa memenuhi persyaratan tertentu. Perbakin mempunyai lisensi khusus terhadap senjata api resmi yang ada di Indonesia. Dengan kata lain, Perbakin mengawasi penjualan dan pembelian senjata api supaya tidak jatuh pada pihak yang salah.

Senjata api bukanlah sesuatu yang dapat digunakan untuk main-main. Jika disalahgunakan, senjata api bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, Perbakin memberikan peraturan yang sangat ketat bagi anggota Eagle Shooting Club.

Syarat Menjadi Anggota Eagle Shooting Club Perbakin

1.Pendaftar berusia sekurang-kurangnya 14 tahun (untuk bidang tembak sasaran) dan 21 tahun (untuk bidang berburu).
2. Pendaftar harus menyerahkan formulir permohonan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang diketik rapi dan disetujui oleh ketua club, Ketua Pengurus Cabang dan Ketua Pengurus Provinsi Perbakin.
3. Formulir dilengkapi foto copy KTP yang masih berlaku dan pas foto berukuran 3x4 (4 lembar) dan 4x6 (4 lembar) berlatar belakang warna merah.
4. Melampirkan foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
5. Melampirkan keterangan sebagai olahragawan/atlet atau Surat Keterangan keanggotaan dari pengurus (bagi yang mendaftar di bidang tembak sasaran).
6. Bila ingin mendaftar di bidang berburu, wajib menyertakan foto copy sertifikat Pelatihan Dasar Berburu.
7. Bila ingin mendaftar di bidang tembak reaksi, foto copy sertifikat Pelatihan Tembak Reaksi harus dilampirkan.

Berkas-berkas tersebut dapat bisa dikirim langsung ke Pengurus Daerah yang nantinya akan diteruskan ke Pengurus Besar Perbakin. Pendaftar harus menunggu review serta keputusan dari Pengurus Besar Perbakin terkait diterima atau tidaknya sebagai anggota. Apabila pendaftar dianggap layak, Kartu Tanda Anggota yang ditandatangani oleh Ketua Umum Perbakin bisa didapatkan. KTA tersebut berlaku selama 2 tahun dan wajib diperpanjang jika masa berlakunya sudah habis.
Rumitnya pendaftaran Perbakin dan ketatnya peraturan yang dibuat organisasi tersebut merupakan bentuk pencegahan supaya peredaran serta pemakaian senjata api di Indonesia bisa dikontrol. Jadi, pengguna tidak bisa menyalahgunakan senjata api dan membahayakan orang lain. Calon pendaftar yang diterima hanya mereka yang memenuhi syarat menjadi anggota perbakin Eagle Shooting Club.

SentralAirsoft Gun , Updated at: 11.54

0 komentar:

Posting Komentar